Minggu, 13 Maret 2011

مبا دى التطبيق الحكم الا سلا م

مبا دى التطبيق الحكم الا سلا م
Oleh: al-Faqir Billah M. Safii Gozali

Prinsip-prinsip dalam Menetapkan dan Mengundangkan Hukum ISLAM harus Mempertimbangkan:

1. البا عث والهد ف
1. Motivasi dan Tujuan
Bila ditetapkan suatu hukum dan dikaitkan dengan eksistensi manusia sebagai subjek hukum, maka bisa dilihat dari niatnya. Niat menjadi motivasi dan unsur pokok dalam melaksanakan syariat.
 الا مو ر بمقصد ها
 انما اعما ل با النيا ت
Dalam melaksanakan syariat Islam niat dan motivasi merupakan barometer atau neraca untuk memperhitungkan nilai-nilai kwalitatif dalam aktivitas manusia. Niat dan motivasi juga menjadi barometer terhadap pelanggaran dari larangan syariat.
2. الا متزا ج و الا متصا ص
2. Selektif dan Steril
Pelaksanaan dan penerapan hukum Islam dapat berintegrasi dengann kehidupan masyarakat, namun bersifat selektif dan steril dengan tidak meninggalkan prinsip-prinsip pokoknya.
العا دة الصا لحة
الفا سد ة

3. الا نسا نية وا لمسا وة
3. Humanis dan Persamaan
Dalam penerapannya hukum Islam berpijak pada nilai-nilai kemanusiaan dan persamaan dalam struktur kehidupan masyarakat.
 النا س سوا سيه كا سنا ن المشط
 ان اكر مكم عند الله اتقا كم
 لو سر قت فا طمة بنت محمد لقطعت يدا ها (الحد يث)

4. الوحد ة والا خوة
4. Persatuan dan Persaudaraan
 المسلم للمسلم كا البنيا ن يشد بعضه على بعض
Aplikasinya terjaminnya persatuan dan persaudaraan antara lain tercermin dan bermuara dari ayat-ayat dari nash yang mengaktualisasikan nilai-nilai keadilan.
Al-Maidah ayat (45):
   • • •                            
“Dan kami Telah tetapkan terhadap mereka di dalamnya (At Taurat) bahwasanya jiwa (dibalas) dengan jiwa, mata dengan mata, hidung dengan hidung, telinga dengan telinga, gigi dengan gigi, dan luka luka (pun) ada kisasnya. barangsiapa yang melepaskan (hak kisas) nya, Maka melepaskan hak itu (menjadi) penebus dosa baginya. barangsiapa tidak memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah, Maka mereka itu adalah orang-orang yang zalim.”

5. الحر ية والمسؤ لية
5. Kebebasan dan Tanggungjawab
Manusia itu memiliki kebebasan tapi juga pertanggung jawaban dalam aspek kehidupannya. Manusia mempunyai kebebasan dan harus selaras dengan ketentuan nash-nash.
 حر ية المرئ محدودة بحر ية غيره من البشر

Tidak ada komentar:

Posting Komentar