Kamis, 17 Maret 2011

buat pipit

أَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ...
اَلْحَمْدُلِلهِ اَلَّذِي عَلَّمَ بِاْلقَلَمِ. عَلَّمَ اْلإِنْساَنَ ماَ لَمْ يَعْلَمْ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الَّذِىْ فَضَّلَ بَنِىْ أَدَمَ بِالْعِلْمِ وَالْعَمَلِ عَلَى جَمِيْعِ الْعَالَمِ. وَاَشْهَد أَنَّ مُحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ سَيِّدُ الْعَرَبِ وَالْعَجَمِ. اَللّهُمَّ صَلِّى عَلَى سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِهِ وَاَصْحاَبِهِ يَناَبِيْعِ الْعُلُوْمِ وَالْحِكَمِ.
طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ فَرَّضَهَا اللهُ عَلَى كُلِّ مُكَلَّفٍ ذَكَرٍ وَأُنْثَى لِيَكُوْنَ كُلُّ مِنْهُماَ فِى الْمُسْتَقْبَلِ عَلَى بَصِيْرَةٍ فِيْمَا أَمَرَاللهُ تَعاَلَى بِهِ وَنَهَى عَنْهُ وَأَنَّهُ أَسَاسُ الأَعْمَالِ وأَزْكَاهاَ. وَالْعِلْمُ أَجْمَلُ حِلْيَةٍ يَتَلَّى بِهَا الْعاَلِمُ وَهُوَ أَكْبَرُ مَعْنًى يَرْتَفِعُ بِهِ الْمُنْحِطُ فِى كُلِّ زَماَنٍ وَمَكاَنٍ كَقَوْلِهِ تَعاَلَى~: يَرْفَعِ اللهُ اللَّذِيْنَ أَمَنُوْا مِنْكُمْ وَاللَّذِينَ أُوْتُوْا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ
عَنْ مُعَاذْ بِنْ جَبَلْ رَضِيَ اللُهُ عَنْهُ قَالَ ~: تَعَلَّمُوْا الْعِلْمَ فَإِنَّ تَعَلُّمَهُ حَسَنَةٌ وَطَلَبَهُ عِبَادَةٌ وَمُذَاكَرَتَهُ تَسْبِيْحٌ وَالْبَحْثَ عَنْهُ جِهَادٌ وَبَذْلَهُ قُرْبَةٌ وَتَعْلِيْمَهُ لِمَنْ لاَيَعْلَمُهُ صَدَقَةٌ.
أَيُهَا الْحَا ضِرُوْنَ فِي الْبُهْجَةِ وَالسُّرُوْرِ ...
وَيَجِبُ عَلَى الأبَاءِ تَرْبِيَةُ الأَبْنَاءِ وَالْبَنَاتِ وَإِدْخَالُهُم فِي الْمَدَارِسِ وَالْمَعَاهِدِ لِيَبْتَغُوْا تَرْبِيَةً نَافِعَةً لِلّدِيْنِ وَالدُّنْيَا وَالأَخِرَةِ لِذَلِكَ قَالَ الَنَّبِيُّ ~: أَكْرِمُوْا أَوْلاَدَكُمْ وَأَحْسِنُواْ أَدَابَهُمْ :~
وَمِنَ الْخَطَايَا الْعَامَّةِ أَنَّ اْلأَبَاءَ يَجْتَهِدُوْنَ فِي جَمْعِ الْمَالِ وَيُهْمِلُوْنَ تَرْبِيَةَ أَوْلاَدِهِمْ فِي مَصَالِحِ الأَعْمَالِ حَتَّى صَارُوْا مِنَ الْجُهَالِ فَيَكُوْنَ أَوْزَارَ أَعْمَالِهِمْ عَلَيْهِمْ لِذَلِكَ قَالَ أَلنَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ~: نِعْمَ الْمَالُ ألصَّالِحُ لِلرَّجُلِ أَلصّاَلِحِ :~ يَعْنِى أَنَّ الْمَالَ تَصَرَّفَهُ صَاحِبُهُ لِزَادِ أَبْنَائِه كَانُوْا مُتَعَلِّمِيْنَ فِي الْمَدَارِسِ أَوِالْمَعَاهِدِ حَتَّى صَارُوا عَالِمِيْنَ وَصَالِحِيْنَ أَلّذِيْنَ يَدْعُوْانَ دَائِمًا أَبَائَهُمْ عِنْدَ حَيَاتِهِمْ وَمَمَاتِهِمْ.
فِيِ هَذِهِ الْمَجْلِسِ, تَأَذَنِيْ مُوَكِلُوْانَ أيْ ألتِلْامِذَاتُ (...). مُمْكِنْ أَنَا نَقُلُوْا, أَلتِلْمِذَاتُ ضَيْقُوْاْنَ الْكَثِثِيْرِ. وَإِنْ كَانَ بُغَاةَ الَسَاتِذَاْتِ وَا لاَأَدْرِىْ, فَكَانَ الُسَاتِذَاتُ صَبْرًا وَجِهَادَ الْقَلْبِيْ لِيَتَصَرَّفِ الْعِلْمِ عَلَيْنَا. نَحْنُ الْعَفْوًا كَرِيْمًا كَثِيْرًا.
تِتِمَةُ... نَحْنَ موَكّلُهُمْ (...) جَزَكُمُ اللهُ أَحْسَنَ الْجَزَاء, جَزَأً كَثِيْرًا كَمَا أَمَرَ...أَمِينْ.. أَمِينْ.. يَارَبَّ الْعَالَمِينَ.
أَلاَ لاَ تَنَالُ الْعِلْمَ إِلاَّ بِسِتَةٍ # سَأُنْبِيْكَ عَنْ مَجْمُوْعِهَا بِبَيَانٍ
ذُكاَءٍ وَحِرْصٍ وَاصْطِبَارٍ وَبُلْغَةٍ # وَإِرْشَادِ أُسْتَاذٍ وَطُوْلِ زَمَانٍ
لاَتَنْسَى: شُبّاَنُ الْيَوْمِ رِجَالُ الْغَدِّ. اُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِي بِتَقْوَى اللهِ
وَالسّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ...
Assalaamualaikum wr.wb. Hadirin yang berbahagia...
Mencari ilmu adalah salah satu kewajiban yang dibebankan bagi setiap orang baik laki-laki maupun perempuan agar suatu hari kelak mengerti kewajiban-kewajibannya. Oleh karena itu, mencari ilmu adalah kewajiban yang pertama kali dan pokok dasar dari semua perbuatan. Ilmu merupakan perhiasan terbaik yang dipakai manusia untuk mencapai derajat yang tertinggi sebagaimana firman-Nya dalam al-Qur’an surat al-Mujadalah ayat 1:
Sahabat Nabi, Muadz bin Jabal berkata bahwa carilah ilmu karena mencari ilmu itu termasuk perbuatan baik dan perbuatan ibadah, mempelajari ilmu pahalanya seperti membaca tasbih, mendiskusikan masalah ilmu pahalanya seperti berjihad, mengajarkan ilmu kepada yang belum mengerti pahalanya sama seperti shadaqah.
Hadirin yang berbahagia...Seorang bapak wajib mendidik putra-putrinya dengan memasukkan mereka di bangku sekolah atau pondok pesantren agar mendapatkan pendidikan yang berguna bagi agama, dunia dan akhirat. Rasulullah Saw juga bersabda yang artinya muliakanlah putra-putri kalian dan didiklah akhlaknya.
Salah satu kesalahan terbesar yang paling umum (sering terjadi) adalah orang tua bersungguh-sungguh mencari dan mengumpulkan harta-benda/ kekayaan, sedangkan putra-putrinya tidak pernah diperhatikan masalah pendidikannya dengan memasukkan di bangku sekolah atau pondok pesantren yang menyebabkan putra-putrinya menjadi orang yang bodoh terbelakang. Dan ketika kedua orangtuanya meninggal dunia, warisannya diperebutkan diantara mereka (putra-putrinya) atau dipergunakan dalam hal kemaksiatan seperti berjudi, mabuk, berzina dan lain sebagainya. Sedangkan kedua orangtuanya di dalam kubur mendapatkan siksa saja. Hal ini sudah dijelaskan oleh Rasulullah Saw dalam sabdanya yang artinya harta yang paling baik adalah harta milik orang shalih artinya harta dipergunakan untuk uang saku, untuk biaya belajar putra-putrinya di bangku sekolah atau pondok pesantren sampai putra-putrinya menjadi orang yang berilmu dan mampu mendoakan kedua orangtuanya.
Disini, perkenankan Saya untuk menyampaikan sepatah kata mewakili murid-murid (diisi nama MI/ MTs dsb...). Mungkin tidak berlebihan jika Saya katakan bahwa, “ Para Murid sudah banyak merepotkan para guru dan ustadz. Ketika kami bandel, ngeyel, dan tampak mengalami kesulitan belajar, maka beliau-beliau pun dengan sabar dan telaten berusaha tetap memberikan pemahaman kepada kami. Oleh karena itu, kami mohon maaf yang tiada terlupa dan terhingga.
Terakhir, kepada para guru dan ustadz, (diisi nama MI/ MTs dsb...) dari lubuk hati yang paling dalam, kami menghaturkan banyak terima kasih yang sebesar-besarnya atas ketulusan dan keikhlasan para guru dalam mendidik, mengajar, dan mentransfer ilmu kepada kami. Semoga amal bakti para guru mendapatkan balasan kebaikan dari Allah Swt. Amin.
Iling-ilingo, siro ora bakal enthuk ilmu anging kanthi enem (6) perkoro kang bakal tak critakke kanthi perthelo: rupane (1) limpat/ cerdas; (2) lubo/motivatif; (3) sabar/ rajin; (4) sangu/ biaya; (5) piwulange guru/ belajar dengan para ahli; lan (6) sing suwe mangsane/ belajar seumur hidup. INGAT-INGAT: “remaja sekarang adalah calon pemuda masa depan”. Wassalaamualaikum wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar